Sabtu, 12 Desember 2009

Word Art

0 komentar

Word Art

Word Art merupakan salah satu fasilitas Ms.Word untuk membuat text dengan special effect. Text disini diberlakukan sebagai object gambar bukan sebagai text biasa sehingga dapat lebih leluasa untuk ditempatkan.


Membuat WordArt

Untuk membuat WordArt, lakukan langkah-langkah berikut:

Aktifkan ToolBar Drawing (klik menu View,ToolBar,Drawing).

Klik ToolBar Insert WordArt sehingga muncul WordArt Galery.

Pilihlah salah satu style WordArt yang diinginkan , kemudian klik OK. Ketik textnya pada kotak dialog edit WordArt Text, klik OK.

Untuk mengedit WordArt, klik kanan Text WordArt, pilih Show WordArt ToolBar.

Untuk mengedit Text, jenis huruf, ukuran, style (Bold,Italic).

Untuk mengganti bentuk WordArt.




Selasa, 08 Desember 2009

Mencetak Dokumen

0 komentar


Mencetak Dokumen

Print Preview

Setelah dokumen selesai dibuat maka dokumen tersebut dapat dicetak, sebelum dicetak sebaiknya dilihat dulu bagaimana hasilnya bila dokumen tersebut dicetak, dengan menggunakan fasilitas Print Priview atau dengan mengklik Toolbar Print Priview.

Setelah benar-benar yakin dokumen tidak ada kesalahan maka dokumen sekarang sudah siap untuk dicetak.

Mencetak Dokumen

Untuk memulai mencetak pilih menu File→Print Toolbar (Ctrl+P)

●Printer

•Name Menentukan nama Printer yang akan digunakan untuk mencetak.

●Page Range

•All Mencetak seluruh halaman.

•Current Page Mencetak halaman yang ditempat pointer berada.

•Selection Mencetak hanya text yang di blok saja.

•Pages Masukkan nomor halaman yang akan di cetak, contoh:

1,3,5-12 Berarti mencetak halaman 1,3,5 sampai 12.

●Copies

•Number of copies berapakali suatu halaman akan dicetak.

•Collate Mengubah urutan pencetakan.

●Zoom

•Pages Per Sheet Mencetak 1 atau lebih halaman pada satu halaman kertas. Hal ini menyebabkan dokumen akan dicetak lebih kecil dari ukuran sebenarnya.

•Scale to paper size Jika dokumen dibuat dengan pengaturan halaman kertas lebih besar/kecil dari kertas yang tersedia, maka kita dapat memilih kertas yang tersedia pada pilihan ini. Hal ini menyebabkan dokumen akan dicetak lebih besar/kecil disesuaikan dengan besar kertas yang tersedia.

●Print

•All pages In Range Jika yang dicetak halaman genap dan ganjil pada range yang telah ditentukan.

•Odd Pages Jika yang dicetak halaman ganjil saja.

•Even Pages Jika yang dicetak halaman genap saja.

●Print to File

Jika disilang hasil pencetakan tidak dikirim ke printer tetapi akan dicetak ke dalam suatu file. File ini nanti dapat dicetak ke printer langsung tanpa melalui Ms.Word.

●Options

Beberapa pilihan tambahan dalam pencetakan seperti pada gambar:

●Draft Output

Menggunakan hasil cetakan draft. Jika Anda pilih maka kualitas cetakan kurang baik tetapi dengan kecepatan mencetak yang lebih tinggi.

●Update Flelds

Pada saat mencetak langsung meng-update file dengan membaca ulang data dari sumbernya.

●Update Links

Pada saat mencetak akan meng-update obyek yang dihubungkan dengan membaca ulang data sumbernya.

●Allow A4/Letter Paper resizing

Otomatis mengganti ukuran A4 menjadi Letter 8.5”x 11”.

●Background Printing

Menggunakan pencetakan latar belakang, artinya selama proses mencetak Anda masih dapat bekerja karena proses pencetakan dilakukan dari latar balakang, ini dikenal dengan cara kerja Multu Tasking.

●Reverse Print Order

Jika Anda ingin mencetak dengan urutan pencetakan dari halaman terakhir ke halaman pertama. Bisa digunakan bila anda ingin cetakan keluar tanpa diurut lagi halamannya.

●Document Properties

Jika Anda mencetak informasi ringkas dokumen setelah dokumen dicetak.

●Fields Codes

Jika anda ingin mencetak kode-kode isian setelah dokumen dicetak.

●Hidden Text

Jika anda ingin mencetak teks yang disembunyikan.

●Drawing Objects

Jika anda juga ingin mencetak obyek gambar dalam dokumen.

●Print Data Only for Forms

Jika anda hanya mencetak datanya saja pada dokumen formulir.

●Default Tray

Menentukan alat penyimpan dan pengambilan kertas pada saat printer digunakan, tergantung pada jenis printer yang dipakai.

●Options for Duplex Printing

Pilihan cara pencetakan untuk duplex printing (mis:mencetak Brosur).




Bullet & Numbering

0 komentar


Bullet & Numbering

Bullet dan Aliena bernomor sering dipakai untuk menuliskan pokok-pokok bahasan yang mempunyai sub-sub bahasan agar lebih menarik. Pada saat sebelum anda mengetik paragraph dengan tanda bullet, kliklah Icon Bullet. Tetapi Anda juga dapat mengetik dulu naskahnya baru kemudian Anda blok lalu klik Icon Bullet.

Untuk menghentikan penggunaan paragraph dengan Bullet, pilih paragraph yang diinginkan atau tempatkan kursor pada paragraph yang diinginkan lalu klik sekali lagi icon bullet atau klik tombol kanan mouse, lalu pilih Stop Numbering. Jika Anda hanya menghentikan bullet tetapi indentasi tetap, maka pilih Skip Numbering.

Jika Anda ingin mengatur format bullet, pilih menu format lalu Bullet and Numbering / (Alt+O lalu N) atau klik tombol kanan mouse lalu pilih Bullets and Numbering, Anda juga dapat memilih model bullet yang disediakan dengan mengklik pilihan Hanging Indent untuk menyatakan apakah paragraph menggunakan Indent gantung atau tidak.

Memodifikasi Format Bullet


Untuk memodifikasi format bullet, klik Modify hingga muncul tampilan berikut ini :

Bullet Character

Untuk menetukan karakter yang dipakai. Anda dapat menentukan 5 karakter yang sering dipakai sebagai karakter bullet.

Font

Untuk menentukan ukuran, efek, dan style karakter.

Character

Untuk mendefinisikan karakter yang dipakai. Jika Anda klik maka akan muncul tampilan daftar karakter dari Font Symbol. Anda dapat juga menggunakan karakter dari font yang lain.

Bullet Positon

Untuk menentukan jarak indentasi karakter bullet.

Text Position

Untuk menentukan jarak text terhadap karakter bullet.






Paragraph Bernomor Majemuk

Paragraph bernomor dapat Anda buat dengan menu Bullets and Numbering dan memilih Outline Numbered.

1. xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx Level 1

1.1 xxxxxxxxxxxxx Level 2 – klik toolbar

1.2 xxxxxxxxxxxxx

2. xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx Kembali ke Level 1 – klik toolbar

2.1 xxxxxxxxxxxxx

Untuk memodifikasi paragraph bernomor mejemuk, klik Customize pada kotak dialog Bullets and Numbering.












Level Untuk menentukan Level yang akan di modifikasi.

Number Style Menentukan jenis Style (I, 1, A, a, dll) pada level yang telah dipilih.

Start at Menentukan awal angka atau abjad awal dari suatu Number Style.

Number Position Menentukan perataan (kiri, kanan, tengah).

Text Position Menentukan jarak indentasi text.




Page Number , Header & Footer

0 komentar

Page Number , Header & Footer

Membuat Nomor Halaman

Ms.Word menawarkan banyak pilihan untuk menempatkan dan menampilkan nomor halaman. Nomor halaman yang Anda tempatkan juga merupakan bagian dari header dan footer.

Untuk cara membuat nomor halaman ikuti langkah-langkah berikut :

Pilih menu Insert lalu Page Numbers / (Alt+I lalu U).

Jika Anda ingin mengatur nomor awal halaman dan lain-lainnya Anda pilih Format,maka akan tampil gambar dialog dibawah ini :


Position, menentukan penempatan nomor halaman (Header di atas, Footer di bawah halaman).

Aligment, menentukan perataan nomor halaman,

Left disebelah kiri

Center di tengah

Right di kanan

Inside di bagian dalam pada halaman dengan dua muka.

Outside penempatan nomor halaman di bagian luar pada halaman dengan dan muka.


● Number Format, digunakan untuk format nomor halaman.

● Include chapter number, pilihan apakah nomor halaman akan digabungkan dengan nomor Bab.

• Chapter starts with style, pilihan penggabungan antara nomor halaman dengan nomor Bab dalam suatu format style tertentu.

• Use Separator, untuk menentukan pemisah antara nomor Bab dengan nomor halaman.

● Page Numbering, Penentuan penomoran halaman

• Continue from previous section, Penomoran halaman sebelum berganti section.

• Start at, Awal nomor halaman.

Header and Footer

Header adalah suatu teks yang tecetak dibagian atas setiap halaman termasuk nomor halaman, sedangkan Footer tercetak di setiap halaman di bagian bawah halaman.

Untuk membuat header dan Footer lakukan langkah berikut ini :

Pilih menu View lalu Header and Footer, maka tampil kotak dialog dibawah ini.

Ketik Header dan/atau Footer yang anda inginkan pada kotak yang tersedia. Bila diperlukan Anda dapat juga mengatur nomor halaman, menyisipkan tulisan,tanggal dan jam.

Klik Close jika sudah selesai.





Border and Shanding

0 komentar

BORDER DAN SHADING

Boder dan Shading berfungsi untuk mempercantik penampilan suatu dokumen atau untuk menandai suatu paragraph yang khusus sehingga tidak terlewatkan oleh pembaca dokumen tersebut. Border adalah suatu garis batas pada suatu paragraph, halaman ataupun table, sedangkan Shading adalah warna latar belakang yang pada suatu paragraph, halaman ataupun table.

Membuat Border

Pilih paragraph yang ingin diberi border, klik menu format→Border and Shading lalu klik kelompok Border.

●Memilih bentuk Border

Pilihlah yang ada untuk membuat border adalah Box (kotak), Shadow (Bayangan), 3-D (3 Dimensi), dan Custom (mengatur sendiri).

●Menentukan bentuk,ketebalan, dan warna garis

Setelah bentuk border ditentukan, tentukan juga jenis garis pada kotak Style. Untuk menentukan warna pilih daftar warna pada kotak Color. Untuk menentukan ketebalan garis, pilih ketebalan pada kolom Width.

●Custom Border

Menentukan sendiri bentuk border dapat dilakukan dengan mengklik sisi gambar yang akan diberi garis pada kotak Preview, anda juga dapat mengatur warna, ketebalan dan bentuk garis yang berbeda untuk tiap sisinya.

●Option

Mengatur jarak garis dengan teks untuk tiap sisi.

●Show Toolbar

Menampilkan ToolBar Border dam Shading.

Membuat Shading

Pilih Text atau paragraph yang akan diberi shading, kemudian klik menu Format→Border and Shading, lalu klik kelompok Shading. Setelah itu pilih warna yang akan dijadikan shading atau bisa memilih warna patern (arsir) bila diinginkan arsiran sebagai shading.




Drop Cap

0 komentar

DROP CAP

D

rop Cap adalah huruf yang berbeda besarnya pada suatu paragraph. Biasanya digunakan untuk menandai awal bab atau sebuah paragraph yang penting atau untuk mempercantik dokumen,biasanya terdapat pada artikel-artikel di majalah.Untuk membuat Drop Cap lakukan hal berikut :


•Pilih Paragraph yang akan dibuat DropCap.

•Kemudian pilih menu Format→Drop Cap→pilih bentuk DropCap yang diinginkan.




Style and formatting

0 komentar

STYLE & FORMATTNG

Style adalah suatu kelompok teks yang memiliki aturan dan format tertentu. Keuntungan menggunakan style adalah penghematan waktu dalam memformat teks, kekonsistenan format yang dipakai dalam dokumen, serta memungkinkan pembuatan aneka jenis daftar dan indeks secara cepat. Pada kondisi default style yang dipakai adalah normal, jenis-jenis style yang ada tergantung pada template dokumen (berektension .DOT) yang digunakan.

Menggunakan Style

•Pilih menu Format→Style & Formattung

•Setelah muncul daftar format pada Task Pane letakkan

pointer

pada baris style yang akan diformat style. Untuk format style

pada kata tertentu saja, tandai kata tersebut.

•Klik Style yang diinginkan.

Membuat Style Baru

•Klik New Style pada Task Pane

•Ketukkan nama style yang diinginkan pada kolom name

•Pilih type style pada pilihan Style Type

•Tentukan Style yang baru akan dibuat berdasarkan pada style yang mana dengan memilih pada pilihan Style Based On.

•Menentukan style yang akan digunakan pada paragraph setelah paragraph yang menggunakan style ini dengan cara memilih pada pilihan Style For Folowing Paragraph.

•Tentukan format yang berlaku untuk style yang baru dengan cara memilih format-format Font,Paragraph dll.

•Jika style yang baru akan disimpan, sehingga dapat dipergunakan di lain waktu pada dokumen yang berbeda klik add to template.

•Klik ok.

Modifikasi Style

•Dari daftar style, klik kanan style yang akan dimodifikasi

•Pilih Modify

Menghapus Style

•Dari daftar style, klik kanan style yang akan dimodifikasi.

•Pilih delete.





Auto Correct

0 komentar

AUTO CORRECT

Auto Correct adalah fasilitas koreksi otomatis.Ms.Word akan mengoreksi teks yang diketikkan, Auto Correct juga dapat dimanfaatkan untuk mempercepat pengetikan pada kata – kata yang sering dipergunakan.Pengkoreksian akan aktif setelah mengetik diikuti menekan tombol spasi.

Untuk mengaturnya klik Tools→AutoCorrectOptions

Ø Coreect Two Initial Capitals

Untuk mengubah dua huruf capital berturut-turut di awal kata yang diikuti huruf kecil menjadi satu huruf capital diikuti huruf kecil.

Misal ketikkan “BLogger” akan dikoreksi menjadi “Blogger”.

Ø Capitalize First Letter of Sentences

Untuk mengubah huruf pertama dalam suatu kalimat menjadi huruf capital.

Misalnya setelah mengetik suatu kalimat setelah tanda titik dan karakter pertamanya bukan huruf besar/capital akan otomatis dikoreksi menjadi huruf besar.

Ø Capitalize First Letter of Table Cell

Untuk mengubah karakter pertama menjadi huruf besar di dalam kolom table.

Ø Capitalize Names of Days

Untuk mengubah karakter pertama nama hari menjadi huruf besar.

Misalnya “sunday” menjadi “Sunday”.

Ø Correct Accidental Usage of cAPS LOCK

Mengkoreksi penulisan yang huruf awalnya mempergunakan huruf kecil dan huruf selanjutnya mempergunakan huruf besar (biasa terjadi karena tidak sengaja menekan tombol CAPS LOCK).

Ø Replace Text as You Type

Untuk mengaktifkan pengkoreksian/penyingkatan kata.dengan ini dapat memasukan kata – kata yang sering dipergunakan dan pada saat mengetikkan cukup menuliskan singkatnya saja.

Misal mengetik kata “yg” akan dikoreksi menjadi “yang”.

Untuk menambahkannya isi singkatan pada kolom Replace,

Dan ketik kepanjangannya pada kolom With kemudian Add.




 

Blog Untuk Umum Copyright © 2009 D'Black And Red by Ariboy90 Blogger Template