Jumat, 04 Desember 2009

Format Paragraph Ms.Word

0 komentar

Format Paragraph

Paragraph pada Ms.Word adalah sebuah baris yang diakhiri dengan menekan tombol ENTER baik baris tersebut merupakan sebuah kalimat, kata, huruf ataupun berupa baris kosong.Untuk mengatur Paragraph klik Format pilih Paragraph

Ø Indent and Spacing

· Alignment

§ Left : Untuk paragraph Rata Kiri

§ Right : Untuk paragraph Rata Kanan

§ Center : Untuk paragraph Rata Tengah

§ Justified : Untuk paragraph Rata Kiri dan Kanan

Ø Indentation

Indentasi Ms.Word adalah jarak sebuah paragraph terhadap margin kiri dan kanan.Terdapat beberapa pengaturan Indentasi pada Ms.Word :

  • Left : Untuk Indentasi Kiri
  • Right : Untuk Indentasi Kanan

· Special : -First Line Hanya baris pertama pada suatu paragraph yang diberi Indent

-Hanging Baris kedua dan seterusnya pada paragraph diberi Indent]

Ø Spacing

Mengatur spasi antar baris dan antar paragraph :

· Before : Jarak paragraph dengan paragraph di atasnya

· After : Jarak paragraph dengan paragraph sesudahnya

· Line Spacing : Spasi antar baris

· Singel, Spasi Satu

· 1.5 lines, Satu setengah spasi

· Double, Dua spasi

· At Least, Untuk menentukan jarak spasi minimal sesuai besar huruf

· Exactiy, Menentukan jarak spasi dengan mengabaikan besar huruf

· Multuple, Menggandakan jarak spasi, single menjadi dua, 1.5 menjadi tiga

Ø Tabs

Untuk mengatur letak dan format tabulasi.Untuk mengatur Tab klik Format pilih Tab.

· Tab Stop Position

Untuk menentukan posisi tab stop

· Default Tab Stops

Untuk menentukan jarak default tiap tab stop

· Alignment

Untuk menentukan perataan teks pada suatu tab stop.

· Left : Untuk rata kiri

· Right : Untuk rata kanan

· Center : Untuk rata tengah

· Decimal : Untuk rata decimal

· Bar : Untuk menampilkan tanda garis tegak pada posisi tab stop

· Leader

Untuk menentukan karakter yang muncul sebagai penghubung antar taks sebelumnya dan yang terletak pada tab stop.

· Set

Untuk menetapkan tab stop pada posisi yang diketik/ditunjuk

· Clear

Untuk menghapus tab stop pada posisi yang diketik/ditunjuk

· Clear All

Menghapus seluruh tab stop




Format Font Ms.Word

0 komentar

FORMAT FONT

Untuk mengatur font / huruf dapat mempergunakan kotak dialog font dengan cara memilih menu Format→Font atau ALT+O,F.

Didalam kotak dialog Font terdapat pengaturan-pengaturan yang digunakan untuk memformat font diataranya :

Ø Font

Font : Menentukan jenis font yang diinginkan.

Font Style : Regular →Untuk Font Normal

Bold →Untuk memberi efek tebal pada font

Italic →Untuk memberi efek miring pada font

Bold Italic →Untuk memberi efek Tebal dan Miring pada font

Size : Menentukan besar Font

Font Color : Menentukan warna Font

Underline Style : Menentukan garis bawah

Underline Color : Menentukan warna garis bawah

Ø Character Spacing

Untuk mengatur jarak / spasi antar huruf. Pilih menu Format, Font , pilih tab Character Spacing maka akan tampil beberapa pilihan berikut ini:

· Scale : Untuk merubah sekala lebar suatu kata / huruf / karakter dengan menentukan beberapa % perubahan skala akan diberlakukan.

  • Spacing : Untuk menentukan jarak antar karakter

- Normal → Untuk jarak antar karakter biasa / normal

- Expanded → Untuk jarak karakter lebar

- Condensed → Untuk jarak antar karakter rapat

· Position : Untuk menentukan posisi vertical tergadap garis normal font.

- Normal → Untuk posisi biasa / normal

- Raised → Untuk posisi lebih keatas

- Lowered → Untuk posisi lebih kebawah

Ø Tombol Shortcut untuk Format Font

· CTRL+SHIFT+F : Merubah jenis Font

· CTRL+SHIFT+P : Merubah ukuran Font

· CTRL+B : Untuk memberi efek Tebal pada Font

· CTRL+I : Untuk memberi efek Miring pada Font

· CTRL+U : Untuk memberi Garis Bawah pada Font




MEMBUAT DOKUMENT BARU

0 komentar

Dokumen Ms.Word

Ø Membuat Dokumen Baru

Pada saat membuka Ms.Word secara otomatis akan ditampilkan dokumen baru dengan nama Document?.bisa juga membuat dokumen baru saat sudah berada pada layar editing Ms.Word dengan cara dibawah ini:

  • Mempergunakan Menu Bar

- Pilih menu File→New

- Pada Task Pane pilih Blank Document

· Menggunakan Tool Bar

- Klik Toll Bar

· Menggunakan Shortcut Key

- Tekan tombol CTRL+N

Di Dokumen Baru terdapat garis lurus tegak berkedip-kedip yang disebut Insertion Point dan berguna untuk menandai tempat dimana suatu text mulai diketikkan.dengan demikian kita dapat mengetik text seperti mengetik pada mesin ketik.

Ms.Word akan secara otomatis berpindah ke baris baru apabila text yang tekah anda ketikkan mencapai batas kanan atau biasa disebut dengan Word Wrap.Kita bisa menggunakan ENTER jika ingin membuat paragraph baru.

Ø Menyimpan Dokumen

Setelah text selesai diketikkan pada dokumen baru,kita perlu menyimpan hasil ketikan dengan pilih Menu→File→Save.

Jika baru pertama kali menyimpan file,maka akan keluar kotak dialog Save As.Kemudian lakukan langkah-langkah berikut:

- Tentukan pada folder mana kita akan menyimpan file Ms.Word tersebut (gunakan tombol Up One Level atau Create New Folder untuk mengeksplorasi folder dan drive)

- Pada Kotak File Name ketikan nama file yang diinginkan

- Klik tombol Save untuk menyimpan file tersebut.Jika berhasil akan terbentuk file ber extension *.DOC.

Kita juga dapat menyimpan dokumen ketikan kita dengan tipe lain agar bisa dibaca oleh software lain seperti : Word Perfect atau file teks yang dapat dibaca oleh berbagai software atau Ms.Word versi sebelum versi XP.dengan cara pada saat ingin menyimpan file pada Kotak dialog Save As dibawah File Name terdapat Save As Type,kita pilih type mana yang diinginkan.kemudian simpan.

Ø Menyimpan Dokumen Dengan Password

Bagi yang memiliki dokumen pribadi yang tidak ingin dokumennya dibaca oleh orang lain,bisa menambahkan Password(Kata Sandi)dengan cara:

- Pada kotak dialog Save As klik menu Tool pilih Security Option.

- Ketik kata sandi/password pada kotak Password To Open atau pada kotak Password To Modify (atau kedua – duanya)

- Klik OK

- Ulangi mengetik kata sandi yang sama untuk konfirmasi kata sandi yang akan dipergunakan.

SEMOGA BERMANFAAT BUAT ANDA YANG BARU MENGENAL MS.WORD

GOD BLESS YOU.




FORMAT DOKUMENT MS.WORD

0 komentar

Format Dokumen Ms.Word

Ø Mengatur Halaman

Sebelum melakukan pengetikan alangkah baiknya mengatur halamannya terlebih dahulu.

Misalnya mengatur Ukuran Kertas yang akan dipakai,Batas-batas pencetakan dan orientasi pencetakan.

Untuk mengatur halamn pilih menu file→Page Setup.

v Ukuran Kertas

Untuk mengatur ukuran kertas dan orientasi pencetakan pilih menu File→Page Setup→Paper.

Paper Size : Untuk menentukan ukuran kertas dari kotak daftar yang berisi daftar ukuran kertas. Bila ukuran kertas yang akan digunakan tidak terdapat pada daftar maka dapat memilih pilihan Custom, dan menentukan sendiri ukuran lebar (Width) dan tinggi (Height) kertas.

Paper Source : merupakan pilihan cara bagaimana kertas di pasang pada printer (pilihan ini tergantung dari jenis printer yang digunakan)

Tractor Feed : Jika mempergunakan kertas bersambung

Manual Feed : Jika kertas dimasukkan satu persatu.

Sheet Feeder : Jika meletakan setumpuk kertas dan kertas di cetak satu persatu (seperti pada mesin fotocopy)

Automatically Select : Pemilihan autonatis sesuai dengan alat yang dipasang pada printer (hanya pada printer-printer tertentu)

Apply To

Whole Document : Format paper akan diberlakukan pada seluruh halaman.

This Point Forward : Hanya berlaku pada halaman sekarang dan selanjutnya.

v Margin dan Orientasi Pencetakan

Margin merupakan batas antara tepi daerah pengetikan dengan tepi halaman kertas. Untuk mengatur Margin pilih menu File, Page Setup, Margin.

Margins

Top : Mengatur batas pengetikan atas

Bottom: Mengatur batas pengetikan bawah.

Left : Mengatur batas pengetikan kiri.

Right : Mengatur batas pengetikan kanan.

Gutter : Untuk memberi jarak tambahan pada bagian dalam. Jarak ini biasanya digunakan untuk daerah penjilidan.

Orientation

Potrait : Menentukan posisi tegak pada kertas saat pencetakan.

Landscape : Menentukan posisi tidur pada kertas saat pencetakan.

Multiple Page

Miror Margin : Jika menginginkan ukuran margin kiri pada halaman genap menjadi ukuran margin kanan pada halaman ganjil dan sebaliknya.

2 Pages per Sheet : Jika menginginkan 1 lembar kertas untuk 2 halaman.

Book Fold : Untuk pembuatan booklet,menu makanan, undangan, catalog dsb.

Untuk mengubah Margin juga dapat menggunakan Ruller Vertical dan Horizontal

Mengubah Margin kiri(left) dan kanan(right) dengan menggunakan Ruller Horizontal.

Mengubah Margin atas(top) dan bawah(bottom) dengan menggunakan Ruller Vertical.




TENTANG MS.WORD

0 komentar


TENTANG MS.WORD

Tentang Microsoft Wor Microsoft Word adalah software pengolah kata yang dapat digunakan untuk membuat surat, laporan, karya tulis, penulisan buku, Koran bahkan dapat digunakan untuk membuat web page.Microsoft Word mempunyai fasilitas yang mudah digunakan untuk penyelesaian dokumen yang rapi dan menarik.

Untuk memulai Ms.Word klik START MENU-PROGRAM-MS.WORD atau melalui dekstop hingga muncul dokumen kosong(Layar Editing).


Layar Editing.



Didalam layer editing terdapat:

1. Task Pane
Task Pane merupakan jendela yang berisikan menu dan pilihan – pilihan untk mengerjakan tugas –tugas tertentu.Untuk mengakses Task Pane klik menu View, Task Pane.
Didalam Task Pane terdapat 8 Task/tugas,untuk memilihnya klik Other Task Pane sebelah kanan atas ▼.



2. Menu Bar
Menu Bar merupakan daftar perintah yang ada pada Microsoft word.
Klik nama menu hingga muncul daftar perintah, kemudian klik perintah yang akan digunakan.
Didalam menu bar terdapat
File Edit View Insert Format Table Windows Help
Ms. Word hanya menampilkan menu yang yang paling sering dipergunakan, Jika ingin menampilkan menu lengkap, klik tanda panah kebawah.

3. Tool Bar
Toolbar adalah kumpulan dari beberapa icon yang dipakai untuk mengakses perintah – perintah yang sering dipakai….
Untuk mengaktifkan Toolbar pilih menu View, Toolbar.beri tanda centang dengan mengklik pada tollbar yang diinginkan untuk ditampilkan pada layer dokumen.

4. Ruler
Ruler digunakan untuk mengatur dan memperlihatkan spesifikasi dri margin, tabulasi dan Indentasi.
Untuk mengaktifkannya dengan memilih menu View lalu Ruler/(Alt+V lalu R).

5. Scoroll Bar
Ada dua macam scroll bar yaitu scroll bar Horiontal dan vertical.utuk menampilkan menu Scroll Bar pilih menu Tool, Option, View kemudian tandai pilihan/hilangkan tanda Horizontal Scrool Bar/Vertical Scrool Bar.

6. Status Bar
Terletak di layar paling bawah dan menampilkan informasi mengenai halaman yang sedang ditampilkan, seperti nomor halaman (Page 1), nomor seleksi (Sec 1), halaman aktif dan jumlah halaman keseluruhan (1/16), Posisi insertion point dari tepi atas kertas (at 1”), posisi insertion pinit pada baris (Ln 1), posisi insertion point pada kolom (Col 1).



 

Blog Untuk Umum Copyright © 2009 D'Black And Red by Ariboy90 Blogger Template